jump to navigation

Satu Triliun Jadi Satu Dolar? Februari 7, 2009

Posted by txsamarinda in Biz, Know More.
Tags: , ,
trackback

Peristiwa krisis ekonomi dan politik memang menyisakan banyak penderitaan. Kadang, selain memakan korban jiwa, krisis semacam itu juga mampu menggoyahkan sebuah negara. Dan, kali ini, yang menjadi korban adalah negara bernama Zimbabwe.

Tak tanggung-tanggung. Yang terjadi di sana mungkin tak bakal pernah kita bayangkan sebelumnya. Coba, pernahkan Anda membayangkan, jika saat ini memiliki uang satu triliun? Dan, uang itu bentuknya hanya selembar? Mungkin, hanya beberapa konglomerat di negeri ini yang memiliki simpanan uang hingga nilainya mencapai angka triliun atau dua belas nol di belakang angka. Dan, itu pun bentuknya tersimpan dalam cek, giro, dan aneka kertas investasi lainnya.

Tapi, yang terjadi di Zimbabwe, uang bernilai triliun ternyata tak ada harganya! Tingkat inflasi yang terjadi di negara tersebut diperkirakan mencapai 231.000.000 persen pada Juli 2008! Itulah yang membuat pemerintah setempat mengumumkan untuk memotong nilai mata uangnya! Bayangkan, mereka menghilangkan 12 angka nol di belakang mata uang yang berlaku saat ini. Bank sentral menurunkan mata uangnya dengan perbandingan 1 triliun dollar Zimbabwe menjadi 1 dollar AS. Menurut Gubernur Bank Sentral Zimbabwe Gideon Gono, negaranya juga akan mengumumkan kebijakan baru sehingga pertukaran mata uang akan berlangsung lebih transparan.

Mungkin perlu dipikirkan juga investasi tidak hanya dalam bentuk material tapi dalam bentuk yang lain misalnya spirituil & resources (sumber daya) yang lain-lain, agar jika kejadian yang terburuk seperti ini terjadi kita masih bisa survive.  Hmm…ada-ada saja… Mudah-mudahan, hal itu tak menimpa negara kita ya..

cat-penny

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar